Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/523
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Dimyati Badruzzaman-
dc.contributor.authorMaulidia, 13311242-
dc.date.accessioned2020-02-28T03:38:24Z-
dc.date.available2020-02-28T03:38:24Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/523-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan banyaknya metode yang diciptakan untuk bisa membaca dan memahami kitab kuning. Salah satu metode alternatif yang dapat digunakan untuk memberdayakan siswa atau santri aktif dalam proses pembelajaran kitab kuning ialah dengan melaksanakan metode Amtsilati. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi metode dan sumber. Adapun hasilnya adalah bahwa sebelum memulai kegiatan pembelajaran Amtsilati pengajar dan pembimbing terlebih dahulu mempelajari ulang materi yang akan disampaikan. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan bukan berupa RPP akan tetapi hanya mengacu kepada buku paket Amtsilati perjilidnya yang dilaksanakan, bisa 3-4 lembar pada setiap pertemuan, sehingga dalam seminggu bisa menyelesaikan 1 jilid. Dalam proses pengajarannya pertamatama ustadzah membuka pembelajaran dengan doa dan tawassul untuk para guru, Rasulullah, sahabat dan lain-lain. Kemudian ustadzah menjelaskan tentang materi yang akan disampaikan kepada santriwati, dengan menggunakan kitab Amtsilati. Setelah itu beliau membacakan materi yang berupa ayat Al-Qur‟an secara berulang-ulang kemudian diikuti oleh santriwatinya. Pada sesi akhir ustadzah membimbing untuk membuat rangkuman materi dan melakukan penugasan serta penilaian. Lalu pembelajaran ditutup dengan kalimat Hamdalah. Hambatan yang dihadapi dalam penerapan metode Amtsilati di pondok pesantren Alfalah Puteri Banjarbaru adalah terbatasnya waktu pembelajaran Amtsilati serta adanya sistem pembelajaran berbasis kelas sehingga menuntut para siswa untuk pandai dalam mengatur waktu. Penerapan metode Amtsilati di pondok pesantren Alfalah Puteri efektif dalam membantu siswa terutama dalam proses belajar membaca kita kuning dan kaidah-kaidah bahasa Arab. Terbukti dengan prestasi yang diraih para santriwati dalam menjuarai beberapa lomba pada Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK) tingkat Nasional. Kataen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Amtsilati, Membaca, Kitab Kuningen_US
dc.titleImplementasi Metode Amtsilati dalam Meninkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning” ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru Kalimantan Selatan)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311242.pdf
  Restricted Access
3.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.