Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/524
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Herman | - |
dc.contributor.author | Miftahul Fitriani, 13311243 | - |
dc.date.accessioned | 2020-02-28T03:40:26Z | - |
dc.date.available | 2020-02-28T03:40:26Z | - |
dc.date.issued | 2017 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/524 | - |
dc.description.abstract | Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa adalah faktor psikologis (kepribadian siswa) sehingga wajar kalau siswa dalam suatu kelas memiliki berbagai macam karakteristik yang berdeba-beda. Ada beberapa siswa yang rajin dalam belajar dan siswa yang patuh terhadap guru, ada juga siswa yang sering melakukan pelanggaran atau kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Perhatian dan motovasi merupakan persyaratan utama dalam proses belajar mengajar. Tanpa adanya perhatian dan motivasi hasil belajar yang dicapai siswa tidak akan optimal. Seorang guru dalam memberi pengetahuan pada siswa yaitu dengan memberikan hukman, yang merupakan suatu cara dalam pendidikan yang berfungsi sebagai motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah :Bagaimana proses Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an Jember. dan bagaimana hasil Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian ke lapangan untuk memahami dan mengamati fenomena yang sedang terjadi di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan analisis data digunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren ini bahwa: Dengan mengetahui tata tertib tertulis yang sudah ada dan berjanji untuk mematuhinya dengan pengucapan dari lisan santri sendiri serta bersedia menerima hukuman apapun jika pada suatu saat melanggar peraturan tersebut. Hukuman yang diberikan kepada santri bermacammacam yaitu bil lisan dengan membaca Al-Qur`an, bil amal dengan membersihkan lokasi yang ditentukan seperti membersihkan kamar mandi, aula, masjid dan lain-lain dan juga bil mal yaitu dengan uang yang uang tersebut akan kembali pada kebutuhan santri sendiri. Hukuman yang diberikan bukan bersifat hukuman fisik tetapi bermanfaat bagi santri agar merasa lebih bertanggung jawab. Hasil Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an yaitu: santri lebih termotivasi untuk menghafal sehingga perhatian santri terhadap kegiatan pembelajaran tahfidz Qur’an meningkat, dan tingkat keyakinan santri terhadap kemampuan dalam menghafalkan Al-Qur`an juga meningkat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Ta'zir, Motivasi, Al-Qur'an, | en_US |
dc.title | Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an Jember Jawa Timur) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13311243.pdf Restricted Access | 2.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
MIFTAHUL FITRIYANI_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.44 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.