Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/526
Title: Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan
Authors: Namira Isnaeny H.B, 13311245
Advisor: Akhmad Shodiq
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Dalam sebuah proses pembelajaran hendaknya terdapat komunikasi yang baik antara guru dan siswa, yang menekankan kepada keaktifan siswa dalam prosesnya. Penggunaan metode yang sesuai tentunya akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Penelituan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang penulis gunakan merupakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan dari obyek yang diteliti. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Implementasi metode pembelajaran berbasis inkuiri dalam proses pembelajaran Pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan (a) tujuannya untuk melatih pola pikir siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu dan rasa menyelidiki yang tinggi, (b) mata pelajaran yang menggunakan metode inkuiri adalah materi sains, materi matematika, dan materi praktek. Media yang digunakan yaitu media cetak dan elektronik, (c) langkah kegiatan dimulai dengan kegiatan guru memaparkan permasalahan, kemudian siswa bertanya kepada guru untuk mendapatkan jawaban atas materi/permasalahan, langkah terakhir guru bersama siswa membuat kesimpulan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/526
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311245.pdf
  Restricted Access
2.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.