Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/527
Title: Peran Guru Tahfizh dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur‟an 30 juz (Studi Analisa pada Santri Takhassus di Pondok Pesantren Ulumul Qur‟an Putri Bojongsari Depok)
Authors: Nida Muflihah, 13311246
Advisor: Akhmad Shodiq
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru tahfizh dalam meningkatkan motivasi santri pada program menghafal Al-Qur‟an 30 juz. Adapun dasar pemikiran penulis mengangkat judul tersebut dalam skripsi ini adalah mengingat begitu pentingnya peran seorang guru dalam memberikan motivasi terhadap peserta didiknya, baik dalam pembelajaran ilmu Agama maupun ilmu umum lainnya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran guru tahfizh di Pondok Pesantren Ulumul Qur‟an Putri Bojongsari Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun langkahlangkah yang ditempuh saat penelitian yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru tahfizh dalam meningkatkan motivasi santri pada program menghafal Al-Qur‟an 30 juz ialah dengan menjadi; a) motivator, b) demonstrator, c) fasilitator, d) pengelola kelas, e) evaluator, f) memberikan reward kepada santri yang berhasil menghafal Al-Qur‟an 30 juz dengan mengadakan acara Wisuda Tasyakuran serta memberangkatkan santri Umrah ke Tanah Suci. Dan indikasi keberhasilan guru tahfizh dalam meningkatkan motivasi santri pada program menghafal Al-Qur‟an 30 juz dapat dilihat dari banyaknya santri yang telah diwisuda dan diberangkatkan Umrah ke Tanah Suci yaitu bermula hanya 1 orang di tahun 2016, sampai tahun ini bertambah menjadi 35 orang.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/527
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311246.pdf
  Restricted Access
5.21 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.