Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/529
Title: Korelasi Kegiatan ROHIS dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Sumatra Selatan)”.
Authors: Nurhayati, 13311249
Advisor: Muhammad Ulinnuha
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar Belakang masalah dari penelitian ini adalah dengan siswa yang berjumlah 180 namun hanya 150 orang yang mengikuti kegiatan Rohis, Rohis selalu identik dengan tentang keagamaan sehingga peneliti ingin mengetahui apakah siswa yang mengikuti kegiatan Rohis ini berprestasi untuk tidak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi antara kegiatan rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas? Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun teknik pengolahan data penulis menggunakan korelasi product moment. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 2 T ugumulyo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 orang, karena populasi yang ada lebih dari 100 siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian dengan menggunakan sampel 20% dari 150 orang, sehingga responden yang diambil adalah 30 orang. Dalam kajian teori, penulis memaparkan berbagai macam pengertian dan keutamaan yang berhubungan dengan Rohis dan Prestasi. Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih besar daripada r tabel rh>rt pada signifikansi 5% yaitu 0,628 > 0,361 maupun pada signifikansi 1% yaitu 0,628 > 0,463. Dengan demikian maka hubungan kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong sangat kuat, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kegiatan rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada hubungan positif antara kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata Pendidikan Agama Islam. Sehingga dapata dikatakan semakin siswa mengikuti kegiatan Rohis maka akan baik pula prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mereka miliki.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/529
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311249.pdf
  Restricted Access
2.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.