Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/532
Title: Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII Di SMP Darul Ma’arif Cipete, Jakarta Selatan.
Authors: Rini Riadotus Solihah, 13311253
Advisor: Herman
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing dan setiap orang harus mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Seperti Kecerdasan interpersonal. Bergaul dan berinteraksi dengan sesama manusia sangat dianjurkan karena untuk mempererat tali silaturrahmi dengan sesama makhluk Allah. Untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal yang dimiliki siswa dibutuhkan pembelajaran. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dapat membantu mengembangkan kecerdasan interpersonal. Dari proses pembelajaran tersebut akan menghasilkan hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui suatu hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Jumlah sampel dalam skripsi ini 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam skripsi ini menggunakan teknik random sampling (acak sederhana). Dan teknik analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak adanya korelasi antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Darul Ma’arif. Hal ini dibuktikan dengan besarnya rxy = 0,0813 yang besar interpretasi korelasi product moment sekitar 0,00-0,20. Sedangkan nilai “r” tabel (rt) pada taraf signifikan 5% sebesar 0,232 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,302. Dari hasil di atas ternyata rxy lebih kecil dari pada “r” tabel (rt) yang berarti tidak adanya korelasi antara kecerdasan interpersonal (variabel X) dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (variabel Y). Jadi dalam penelitian ini Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak dan Hipotesis Nihil (Ho) diterima. Artinya tidak ada hubungan antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI).
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/532
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311253.pdf
  Restricted Access
2.98 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.