Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/538
Title: Model Pembelajaran Emotional Quotient (EQ) Pada Tingkat Sekolah Dasar (SD) (Studi Kasus Siswa SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah Cibubur Jakarta Timur
Authors: Yuli Arini Istiqomah, 13311263
Advisor: Herman
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Emosi berperan penting dalam kehidupan seseorang, oleh karena itu kecerdasan emosional dalam diri seseorang harus dikembangkan oleh semua pihak, karena kecerdasan ini tidaklah berkembang secara alamiah.akan tetapi tergantung pada proses pendidikan, pelatihan dan bimbingan yang terus menerus. Agar proses pengembangan potensi anak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan maka diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk pengembangan potensi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun metode analisi data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hiberman dengan proses pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian ini peneliti simpulkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan di SD Islam Alam dan Sains Al Jannah yaitu model pembelajaran kooperatif learning, yang mengajarkan siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam bekerja sama, model pembelajaran problem base learning, yang mengajarkan siswa terbiasa dalam memecahkan masalah, dan model pembelajaran langsung yang mengajarkan siswa agar terbiasa terkontrol emosinya. Serta model pembelajaran lainnya yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/538
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311263.pdf
  Restricted Access
2.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.