Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/547
Title: Penerapan Sistem Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IX di SMP Islam Plus Baitul Maal, Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan
Authors: Fitriana Iman, 13311276
Advisor: Artani Hasbi
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Full day school merupakan sekolah yang mengalokasikan waktu pembelajaran yang lebih lama dibandingkan dengan proses pembelajaran di sekolah konvensional. Metode yang cukup populer di sekolah semacam ini pada umumnya adalah metode learning by playing atau belajar sambil bermain, dengan cara ini siswa dapat belajar pelajaran yang rumit sekalipun sambil bermain. Pada sistem pendidikan full day school sebagian besar waktu peserta didik banyak dihabiskan di lingkungan sekolah dengan tujuan untuk mengkondisikan peserta didik dengan pembiasaan positif secara terkontrol sehingga menumbuhkan karakter siswa. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem full day school terhadap pendidikan karakter siswa/i SMP Islam Plus Baitul Maal. Hasil penelitian diketahui dari perhitungan SPSS, telah berhasil diperoleh sebesar 0,483 yaitu terletak diantara 0,40- 0,70. Berdasarkan pedoman yang telah dikemukakan dapat dinyatakan jika terletak diantara 0,40-0,70 berarti bahwa antara variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukupan. Dengan melihat tabel nilai “r” product moment, jika diketahui df sebesar 80, maka berdasarkan tabel nilai koefisien “r” product moment dari pearson untuk diperoleh “r” product moment pada taraf signifikasi 5% = 0,217 dan pada taraf sifnifikansi 1% = 0,283. Dengan istilah lain: Pada taraf signifikasi 5% = 0,217 (rxy = 0,483 rt = 0,217) Pada taraf signifikasi 1% = 0,283 (rxy = 0,483 rt = 0,283) Dari hasil perhitungan diatas, rxy lebih besar dari pada rt baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Karena rxy lebih besar dari pada rt, maka Hipotesis Alternative (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis Nol (Ho) ditolak, berarti bahwa pada taraf signifikasi 5% dan 1% terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat korelasi antara penerapan sistem full day school terhadap pendidikan karakter siswa kelas IX di SMP Islam Plus Baitul Maal.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/547
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311276.pdf
  Restricted Access
4.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.