Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/556
Title: Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa SD (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrata A‟yun Cikarang Barat Bekasi)
Authors: Ririn Rifa’atul Mahmudah, 13311292
Advisor: Akhmad Shodiq
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar Belakang Masalah dalam skripsi ini yaitu penggunaan metode yang tepat pada proses pembelajaran Al- Qur‟an sangatlah penting karena masih banyak metode pembelajaran Al-Qur‟an yang cenderung menggunakan nada lurus sehingga terkesan monoton yang berdampak pembelajaran Al-Qur‟an kurang dapat diminati oleh siswa dan berdampak juga pada kemampuan siswa dalam membaca AlQur‟an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif analisis dengan latar penelitian di SDIT Qurrata A‟yun Cikarang Barat, Subyek penelitiannya adalah siswa kelas 4. Peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas guru meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan kegiatan inti, dan pelaksanaan kegiatan penutup. Selain observasi aktivitas guru, peneliti juga mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran meliputi kelancaran membaca Al-Qur‟an siswa, kemampuan membaca sesuai dengan tajwid, dan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf sesuai dengan makhrajnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di SDIT Qurrata A‟yun bahwasanya, proses pembelajaran Al- Qur‟an dengan menggunakan metode tilawati ini berjalan dengan baik hanya saja ada salah satu langkah pada pembelajaran dengan menggunakan metode tilawati yang tidak di gunakan di SDIT Qurrata A‟yun yaitu langkah individual dengan tekhnik baca simak. Namun dengan tidak menerapkan langkah-langkah tersebut proses pembelajaran dengan menggunakan metode tilawati tetap berjalan dengan baik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/556
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311292.pdf
  Restricted Access
3.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.