Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/558
Title: Pengaruh Tingkat Kecerdasan Spiritual Siswa Terhadap Kesadaran Menjauhi Perilaku Menyimpang di SMK PGRI 1 Tangerang
Authors: Siti Sarah, 13311295
Advisor: Akhmad Shodiq
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual siswa terhadap kesadaram menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (quantitative research) yakni penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Selanjutnya jenis penelitian yang digunakan adalah Descriptive Correlational Research, yaitu melihat bentuk hubungan antara variabelvariabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh tingkat kecerdasan spiritual siswa terhadap kesadaran menjauhi perilaku menyimpang pada siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Tangerang terdapat korelasi positif yang signifikan yaitu dengan hasil “r” hitung 0,3889, yang jika dilihat pada tabel interpretasi nilai “r”, diketahui korelasi antara kedua variabel berada pada rentang antara 0,20 sampai dengan 0,40, tetapi korelasi antara variabel X dan variabel Y mempunyai korelasi yang lemah atau rendah. Meskipun pada hasil angket kecerdasan spiritual siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Tangerang termasuk dalam kategori baik sekali, hal ini bukan berarti memberi pengaruh secara penuh terhadap kesadaran siswa dalam menjauhi perilaku menyimpang. Diharapkan para siswa mampu menjaga perilaku dari penyimpangan sosial, yang bisa ditentukan oleh banyak faktor, yang sebagian faktor tersebut adalah tingkat kecerdasan spiritual pada siswa.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/558
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311295.pdf
  Restricted Access
2.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.