Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/559
Title: Efektivitas Pembelajaran Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Membaca Al-Qur’an
Authors: Syafiatul Ummah, 13311296
Advisor: Akhmad Shodiq
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat islam. Namun bagaimana seorang umat bisa mengamalkan ajaran yang ada di dalam Al-Qur’an jika tidak bisa membacanya. Oleh karena itu, kemampuan membaca Al-Qur’an sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap umat Islam. Dalam hal ini sekolah mengambil peranannya yaitu dengan mengajarkan membaca Al-Qur’an secara fasih kepada para siswa-siswi. Untuk memudahkan proses belajar mengajar membaca Al-Qur’an maka dibutuhkan sebuah metode, gunanya yaitu agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat efektif sehingga tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an dapat tercapai. Dalam hal ini metode Qiraati yang digunakan dalam praktek membaca Al-Qur’an. Metode Qiraati dianggap mudah dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran karena dalam metode ini terdapat beberapa prinsip yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Al-Qur’an yang memudahkan para siswa untuk mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas pembelajaran metode Qiraati dalam meningkatkan kualitas kefasihan membaca AL-Qur’an pada siswa kelas VIII di Mts Al-Nahdlal Islamic Boarding School. Penelitian ini dilaksanankan di Mts Al-Nahdlah Islamic Boarding School. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan teknik yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap responden yang terdiri dari siswa kelas VIII. Data penelitian efektivitas pembelajaran metode Qiraati dalam meningkatkan kualitas kefasihan membaca Al-Qur’an yang diperoleh dengan menggunakan alat ukur berupa angket yang terdiri dari 20 item pertanyaan. Setelah diperoleh hasil angket tentang efektivitas pembelajaran metode Qiraati dalam meningkatkna kualitas kefasihan membaca Al-Qur’an di Mts Al-Nahdlal Islamic Boarding School, lalu penulis menghitung kedua variabel tersebut dengan menggunakan rumus product moment. Hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Setelah penelitian dilakukan maka nilai rxy adalah 0,457, dari perhitungan tersebut ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif yang mana tabel interpretasi indeks korelasi product moment menunjukkan bahwa 0,475 berada diantara 0,40-0,70 yang berarti bahwa variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/559
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311296.pdf
  Restricted Access
2.75 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.