Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/565
Title: Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang
Authors: Tsamrotul Fikriyah, 13311305
Advisor: Ahmad Syafi’ie Noor
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah dalam implementasinya perubahan dari kurikulum sebelumnya ke kurikulum 2013 tidaklah mudah diterapkan secara langsung membutuhkan persiapan dan proses yang panjang. Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan sesuai dengan Peraturan Mentri Agama Republik Indonesia nomor 00912 tahun 2013 tentang kurikulum madrasah 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam dan bahasa arab bahwa “Madrasah adalah salah satu bagian penting dari sistem pendidikan di Indonesia, khususnya bidang studi pendidikan agama, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt serta berakhlakul karimah, maka dari itu menjadi penting pembelajaran aqidah akhlak tentang menghayati dan mengimani Allah swt merealisasikannya pada pelaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang MTs Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang, pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa MTs Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang telah menerapkan kurikulum 2013 pada pembelajaran Aqidah Akhlak cukup berjalan dengan baik. Mulai dari perencanaan pembelajaran guru dalam menyusun RPP berpedoman pada silabus yang dibuat oleh pemerintah. Dalam proses pembelajaran guru juga menerapkan pendekatan saintifik, yaitu proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi. Dalam evaluasi guru sudah melakukan penilaian otentik yang mencakup penilaian spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Sekolah dan guru berusaha untuk meningkatkan pengetahuan tentang kurikulum 2013 dengan mengikuti sosialisasi dan workshop. Adapun kendala yang masih terjadi adalah guru kesulitan pada sistem penilaian yang terlalu banyak aspek sehingga guru cenderung menggunakan penilaian yang subjektif.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/565
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311305.pdf
  Restricted Access
3.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.