Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/579
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorArtani Hasbi-
dc.contributor.authorAzkia Nurul Rahmah, 14311322-
dc.date.accessioned2020-03-03T03:37:58Z-
dc.date.available2020-03-03T03:37:58Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/579-
dc.description.abstractPondok pesantren modern adalah sebuah lembaga yang memiliki sistem yang unik, tidak hanya unik dalam pola pembelajarannya, tetapi juga unik dalam pandangan hidup dan tata nilai yang dianut serta segala aspek-aspek kependidikan dan social life lainnya. Pendidikan di dunia pesantren memiliki kelebihan dalam mendidik mental dan kemandirian peserta didik atau santrinya. Sebelumnya penulis mengetahui bahwa pondok pesantren Daarul Rahman 3 Sawangan, Depok telah menerapkan sistem modern dalam membina serta membentuk mental para santrinya. Dalam hal ini penulis merumuskan masalah Bagaimana Peran Pondok Pesantren Darul Rahman 3 terhadap Pembentukan Kesehatan Mental Para Santri Khususnya siswa SMP di Pondok Pesantren Darul Rahman 3 Sawangan, Depok. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian lapangan (Field Reseach). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran sistem pendidikan pondok pesantren telah memberikan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari penerapan kegiatan- kegiatan pesantren yang menunjang pembentukan kesehatan mental santri. Sistem- sistem pendidikan pesantren yang diterapkan sebagai berikut: penerapan sistem asrama (boarding school), yang berpengaruh terhadap pembentukan kemandirian santri dan menunjang kesehatan mental santri, penerapan sistem organisasi kepengurusan yang berpengaruh pada kedispilan para santri , penerapan sistem kelompok (club atau komunitas) yang pada hakikatnya berperan meningkatkan kerjasama para santri, dan penerapan sistem dua bahasa (bilingual) yang berperan dalam peningkatan kecakapan berbahasa para santri dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan, Pondok Pesantren, Kesehatan, Mentalen_US
dc.titlePeran Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Kesehatan Mental Anak Studi Kasus di Pondok Pesantren Daarul Rahman 3 Sawangan, Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311322.pdf
  Restricted Access
2.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.