Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/582
Title: Implementasi Pembelajaran Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an siswa kelas VII (di MTs Istiqlal Jakarta),
Authors: Dina Putri Aulia, 14311327
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca Al-Qur’an di antaranya adalah adab ketika membaca Al-Qur’an dan kaidah ilmu tajwid dalam membacanya. Akan tetapi masih ditemukan dikalangan anak-anak maupun orang dewasa yang belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum tajwid. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukannya pembelajaran tahsin. Pembelajaran tahsin ialah untuk membaguskan bacaan Al-Qur’an. Diantara lembaga-lembaga yang memberikan perhatian khusus kepada program pendidikan Al-Qur’an yang memfokuskan diri pada tahsin Al- Qur’an ialah Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Jakarta. Pembelajaran tahsin di MTs Istiqlal Jakarta diawasi oleh beberapa orang guru yang memiliki latar belakang pendidikan tahsin Al-Qur’an dan merupakan seorang hafizh Al- Qur’an. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pembelajaran tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Jakarta? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran tahsin Al-Qur’an di MTs Istiqlal Jakarta dikatakan berhasil karena pembelajaran tahsin dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/582
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311327.pdf
  Restricted Access
2.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.