Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/585
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Shopiyah-
dc.contributor.authorDini Hunaifiah, 14311331-
dc.date.accessioned2020-03-03T04:33:40Z-
dc.date.available2020-03-03T04:33:40Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/585-
dc.description.abstractPondok pesantren An-Nawawi Al-Bantani Bogor merupakan pesantren yang terdiri dari jenjang SMP IT dan SMA IT yang bersifat modern dan baru berdiri sejak tahun 2014. Meskipun bersifat modern, namun pesantren tersebut memiliki program tahfizh yang harus dicapai para santrinya. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa waktu menghafal bagi para santri sekitar 45 menit dari hari Senin sampai Sabtu, sedangkan hari Minggu diperuntukkan sebagai waktu penyetoran hafalan santri. Adapun setiap satu pembimbing tahfizh bertanggung jawab terhadap 15 orang santri. Sedangkan target hafalan yang diwajibkan terhadap santri adalah 1 juz setiap sebelum kenaikan kelas, sehingga diharapkan selama menempuh pendidikan SMP dan SMA di SMP-SMA IT An-Nawawi Al-Bantani santri telah memiliki hafalan minimal 6 juz. Jika target tersebut tidak terpenuhi, maka santri diberi waktu selama masa pengabdian (yakni 1 tahun setelah lulus SMA) untuk menyelesaikan targetnya sambil diberdayakan sebagai tenaga pengajar di pesantren. Sebab apabila target tidak terpenuhi, maka santri yang bersangkutan hanya mendapatkan ijazah sekolah yakni SMP dan SMA namun tidak mendapatkan ijazah diniyah/pesantren. Pemanfaatan waktu yang baik dapat menjadi salah satu faktor kesuksesan seorang santri, salah satunya adalah ketersediaan waktu yang optimal dalam mendukung kegiatan menghafal Al-Qur‟an. Sebab secara umum, rutinitas di lingkungan pondok pesantren diketahui cukup padat. Sehingga menuntut para santri untuk mampu mengatur waktunya agar seluruh kewajibannya dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah penulis jelaskan di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah konsep manajemen waktu di pesantren dalam mendukung prestasi hafalan Al-Qur‟an bagi siswa kelas VIII SMP IT An- Nawawi Al-Bantani? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengelolaan waktu yang diterapkan siswa kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani, untuk mengetahui pencapaian prestasi hafalan Al- Qur‟an siswa kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani, dan untuk mengetahui kiat-kiat para pembimbing tahfizh dalam mendukung pencapaian prestasi hafalan siswa kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 63 siswa, dan peneliti mengambil seluruh populasi sebagai responden dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil rxy sebesar 0,944 dengan interpretasi data menggunakan tabel “r” pada taraf signifikansi 5% diperoleh “r” tabel (0,944>0,250) dan pada taraf 1% diperoleh “r” tabel (0,944>0,325). Maka pada taraf 5% dan 1% r xy lebih besar. Sehingga Hipotesa nihil ditolak dan hipotesa alternatif diterima. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X (konsep manajemen waktu) terhadap variabel Y (prestasi hafalan santri) di kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani. Dan dengan interpretasi data sederhana atau kasar besarnya rxy yang dihasilkan yaitu 0, 944 yang berkisar antara 0,90 - 1,00 berarti terdapat korelasi yang yang sangat kuat atau sangat tinggi antara variabel X (konsep manajemen waktu) dan variabel Y (prestasi hafalan Al-Qur‟an bagi santri).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKonsep, Manajemen Waktu, Prestasi, Al-Qur'anen_US
dc.titleKonsep Manajemen Waktu di Pesantren dalam Mendukung Prestasi Hafalan Al-Qur’an bagi Santri (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP IT An-Nawawi Al-Bantani)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311331.pdf
  Restricted Access
4.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.