Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/777
Title: Implementasi Metode Outdoor Learning dalam pembelajaran Fiqih (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Mathlaul Khaer Tasikmalaya)
Authors: Meta Jahrah, 08310905
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Mata pelajaran Fiqih terlihat verbalis ketika pembelajaran hanya dilaksanakan di dalam kelas dengan hanya menggunakan metode ceramah, dengan metode cermah, siswa dituntut untuk duduk manis, mendengarkan ceramah guru. Hal ini menyebabkan beberapa siswa merasa pembelajaran Fiqih adalah pembelajaran yang jenuh dan membosankan. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka guru harus pandai memilih metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi literature, studi dokumentasi, triangulasi data. Implementasi metode outdoor learning pada pembelajaran fiqih sangat memilki banyak kelebihan. Hasil observasi penulis, mengenai langkah-langkah implementasi metode outdoor learning pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Mathlaul Khaer Tasikmalaya sudah sesuai dengan teori yang sudah ada. Metode outdoor learning memilki kekuatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal itu dibenarkan oleh wali kelas IX dengan menjelaskan secara rinci daftar nilai kelas XI semester I tahun 2011/2012. hasil analisa penulis, nilai rata-rata mata pelajaran fiqih yang diperoleh oleh siswa kelas IX MTs Mathlaul Khaer merupakan nilai tertinggai diantara nilai rata-rata mata pelajaran agama lainnya. nilai rata-rata mata pelajaran fiqih yang diperoleh siswa kelas IX MTs Mathlaul Khaer adalah 86,73 dapat dikategorikan Baik
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/777
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
08310905.pdf
  Restricted Access
584.13 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
08310905_Publik.pdf317.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.