Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/779
Title: Efektifitas Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SDIT Kelas 4 Al- Hamidiyah Pancoran Depok
Authors: Wike Ulandari, 10310993
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Dalam kajian teoris, penulis memaparkan pengertian, karakteristik dan keunggulan yang berkaitan dengan efektifitas metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Kemudian teknik pengolahan data penulis menggunakan korelasi product moment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDIT Al-Hamidiyah Pancoran Depok Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24 orang, karena populasi yang ada kurang dari 100 siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian populasi sehingga responden diambil seluruhnya. Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih besar daripada r tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%. Maka hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan hubungan yang signifikan antara korelasi Metode Ummi dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa kelas 4 SDIT Al-Hamidiyah Pancoran Depok diterima, sedang Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa kelas 4 SDIT Al- Hamidiyah Pancoran Depok. Artinya metode Ummi yang xii diterapkan di SDIT Al-Hamidiyah sangat efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/779
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
10310993.pdf
  Restricted Access
748 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.