Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/782
Title: Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII A Smp Darul Ma’arif, Cipete, Jakarta- Selatan
Authors: Eva Naili Mazidah, 11311075)
Advisor: Mahmudah Fitriyah
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Lingkungan keluarga, merupakan lingkungan pendidikan pertama yang diterima oleh seorang anak. Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina kepribadian dan membentuk karakter generasi bangsa, khususnya anak-anak mereka, dalam lingkungan sosial masyarakat juga mempunyai andil dalam membina kepribadian dan membentuk karakter generasi muda, sedangkan dalam lingkungan sekolah, guru yang mempunyai tugas dan wewenang dalam membina dan membentuk karakter siswa, yaitu karakter ang seluruh aspek-aspeknya yakni baik tingkah lakunya, kegiatan-kegiatan jiwanya, maupun filsafat hidup dan kepercayaanya menunjukkan pengabdian kepada Allah SWT. Kenyataan tersebut memberikan peluang bagi seorang guru untuk untuk memberikan peranya melalui pembelajaran agama Islam dalam usaha membentuk karakter siswa. penelitian ini mencoba melihat pembentukan karakter melalui pembelajaran agama Islam, siswa kelas VIII A SMP Darul Ma’arif, Cipete, Jakarta-Selatan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, diantaranya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari analisis data penelitian menghasilkan bahwa pembentukan karakter melalui pembelajaran agama Islam dilakukan dengan cara penanaman nilai-nilai karakter, di SMP Darul Ma’arif, Cipete, Jakarta-Selatan sudah terpenuhi walaupun belum sempurna prosesnya
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/782
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311075.pdf
  Restricted Access
759.59 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.