Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/785
Title: Tradisi Menghqfal Al-Qur'an Santri T'una.netra (Studi Living Qur'an di Pesantren Raudhlatul Maffifin. Serpong Tung,erang Selatan)
Authors: Lismining Puri, 15210666
Advisor: Muhammad Ulinnuha
Issue Date: 2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Berkenaan dengan resepsi masyarakat muslim terhadap keberadaan Al-Qur`an di tengah-tengah masyarakat, fenomena menghafal Al-Qur`an menjadi salah satu interkasi yang semakin marak dilakukan oleh umat Muslim diseluruh dunia. Al-Qur`an yang memiliki keistimewaan untuk mudah dihafalkan oleh kalangan manapun menjadi sebuah daya tarik para Muslim dalam menghafalkan Al-Qur`an, tidak terkecuali para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra. Antusias mereka dalam menghafalkan Al- Qur`an terlihat dari bermunculannya para penghafal Al-Qur`an dari kalangan tunanetra. Namun, disayangkan jumlah tunanetra Muslim yang menghafalkan Al-Qur`an sangat sedikit dibanding jumlah tunanetra Muslim yang buta huruf Al-Qur`an. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dipaparkan mengenai sebuah fenomena living Qur`an yaitu pelaksanaan tahfîzh Al-Qur`an di Pesantren Raudhlatul Makfufin dengan judul skripsi yaitu “Kegiatan Menghafal Al-Qur`an Santri Tunanetra (Studi Living Qur`an di Pesantren Raudlatul Makfufin, Serpong, Tangerang Selatan)”. Adapun rumusan masalah yang peneliti ambil adalah (1) bagaimana prosesi kegiatan tahfîzh Al-Qur`an di Pesantren Raudlatul Makfufin Tangerang Selatan? dan (2) Bagaimana Pemaknaan kegiatan tahfîzh Al-Qur`an terhadap santri Tunanetra dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk meneliti fenomena Living qur`an, yaitu berupa studi lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah para santri tunanetra penghafal Al-Qur`an yang tinggal di Pesantren Raudhlatul Makfufin sebanyak 12 orang, terdiri dari 3 orang santri putri dan 9 orang santri putra. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada tahap deskriptif akan dijelaskan secara detail tentang segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tahfîzh Al-Qur`an di Pesantren Raudlatul Makfufin sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya (1) Kegiatan menghafal Al-Qur`an di Pesantren Raudlatul Makfufin telah ada sejak tahun 2015. Dengan mewajibkan seluruh santri mengikuti kelas dasar terlebih dahulu kemudian dilanjutkan ke kelas menghafal. Program kelas menghafal diawali dengan hafalan dari juz 30, juz 1 sampai seterusnya, xx dengan target menyelesaikan 2 juz setiap per semester. Para santri diwajibkan untuk menggunakan Al-Qur`an braille dalam menghafalkan Al- Qur`an, sedangkan Al-Qur`an digital sebagai penopang dalam pelafalan menghafal Al-Qur`an. (2) Pengaruh kegiatan menghafal Al-Qur`an yang penulis dapatkan dilapangan terbagi menjadi dua bagian yaitu pengaruh dalam bentuk psikis dan kesehatan. Manfaat yang dirasakan para santri dalam menghafalkan Al-Qur`an terhadap psikis adalah merasakan ketenangan, menambahkan rasa percaya diri, merasakan emosi positif, merasa dekat dengan Allah, dan memiliki rasa tanggung jawab. Sedangkan dalam kesehatan adalah merasakan kesembuhan, jarang kambuh, tidak terasa nyeri dan sakit pada penyakit yang dialami. Hal ini, sebagai bentuk motivasi bahwa menghafal Al-Qur`an dikalangan para santri tunanetra di Pesantren Raudhlatul Makfufin memiliki resepsi masing-masing dalam menghafal Al-Qur`an, selain sebagai bentuk tanggung jawab sebagai santri dalam menghafalkan Al-Qur`an, lebih dari itu menghafalkan Al-Qur`an pun memiliki manfaat tersendiri bagi para santri yang melaksanakan kegiatan tahfîzh Al-Qur`an di Pesantren Raudhlatul Makfufin dalam kehidupan sehari-hari.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/785
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15210666.pdf
  Restricted Access
4.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.