Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/797
Title: Penerapan tempo baca terhadap hafalan Al-Qur’an.
Authors: Siti Izzatussa’diyah, 15210700
Advisor: Ahmad Hawasi
Issue Date: 2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Membaca Al-Qur‟an mendatangkan pahala yang besar bagi pembacanya, dan menghafalkan Al-Qur‟an merupakan hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Menghafalkan Al-Qur‟an bukanlah hal yang mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya tantangan dalam penjagaan dan pemeliharaanya, berbagai tempo dalam membaca Al- Qur‟an menjadi pilihan para huffazh untuk diterapkan dalam membaca dan memuroja‟ah hafalannya. Penggunaan tempo baca juga dapat mempengaruhi kualitas hafalan. Dengan alasan ini penulis tertarik meneliti para santriwati Ponpes Bait Al-Hikmah yang dituangkan dalam judul skripsi “Penerapan Tempo Baca Terhadap Hafalan Al-Qur‟an”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan kualitatif, penelitian lapangan ialah suatu penelitian yang dilakukan secara sistemati dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Sedangkan metode kualitatif ialah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam hal ini penulis ingin meneliti lebih detail dalam dua tempo yakni tempo Tartil dan Hadr yang mana nanti penulis akan melakukan wawancara terhadaap para santri. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapaan tempo baca terhadap hafalan Al-Qur‟an dapat mempengaruhi kualitas hafalan, jenis tempo tartil yang digunakan memberikan hasil yang lebih memuaskan daripada tempo hadr.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/797
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15210700.pdf
  Restricted Access
5.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.