Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/810
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorElsa Yusi Nopita, 14311336-
dc.date.accessioned2020-07-09T04:56:56Z-
dc.date.available2020-07-09T04:56:56Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/810-
dc.description.abstractDi SMP Azhari Islamic School Cilandak memiliki program unggulan yang wajib bagi seluruh siswanya, karena tahfizh termasuk dalam kurikulum Al-Azhar Cairo. Agar siswa bisa tercapai target hafalannya dengan baik diperlukan berbagai dorongan dan arahan dari gurunya supaua siswa bisa menjadi pribadi yang cinta dengan Al-Qur'an serta memiliki tekad untuk menghafalnya, untuk itu peran seorang guru sangat berpengaruh dalam memotivasi siswa menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Tahfizh dalam memotivasi siswa untuk menghafal Al-Qur'an sesuai pencapaian kurikulum di SMP Azhari Islami School Cilandak. Adapun dasar pemikiran penulis mengnagkat judul skripsi tersebut adalah bahwa seorang guru sangat berperan dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik dalam proses belajar dengan menggunakan metode talaqqi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis atau disebut juga penelitian kepustakaan (library resaearch), yakni mengumpulkan data berdasarkan pengamatan langsung dan menggunakan pendapat para ahli yang mendukung penulisan skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru tahfizh sangat berpengaruh terhadap memotivasi siswa dalam menghafal al-Qur'an dengan cara guru memotivasi siswa secara bil lisan yaitu menyampaikan nasihat untuk menyemangati siswa menghafal, menceritakan kisah kesuksesan dan keberkahan para penghafal Al-Qur'an, memotivasi bersifat kegiatan seperti piknik al-Qur'an, mengadakan perlombaan Al-Qur'an antar siwa dan setiap akhir tahun guru mengadakan kegiatan tahfizh competition. Kemudian motivasi berupa hadiah yang guru lakukan yaitu setiap semester kepada siswa yang berprestasi dalam hafalnnya di kelas dan memberikan penghargaan nilai bagus dan pujian bagi siswa yang lancar hafalannya. Dengan berbagai macam motivasi tersebut siswa lebih bersemangat dalam menghafal untuk mencapai target sesuai dengan ketentuan kurikulum di SMP Azhari Islamic School Cilandaken_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeran Guru Tahfizhen_US
dc.subjectMemotivasi Siswaen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.subjectPencapaian Kurikulumen_US
dc.titlePeran Guru Tahfizh dalam Memotivasi Siswa Untuk Menghafal Al-Qur’an Sesuai Pencapaian Kurikulum di SMP Azhari Islamic School Cilandaken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311336.pdf
  Restricted Access
3.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.