Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/819
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYayah Nurmaliah-
dc.contributor.authorFuji Zakiyatul Fikriyah, 14311347-
dc.date.accessioned2020-07-09T05:28:01Z-
dc.date.available2020-07-09T05:28:01Z-
dc.date.issued2018-08-10-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/819-
dc.description.abstractHoward Gardner dalam bukunya multiple intelligences menyatakan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Semua anak itu cerdas dengan kecenderungan kecerdasan yang berbeda-beda. Kemudian Gardner mengungkapkan kecerdasan manusia berjumlah banyak, antara lain: linguistik, visual-spasial, logis-matematis, musikal, kinestetik, intrapersonal, interpersonal, natural, dan kinestetik. Karena perbedaan kecenderungan dalam kedelapan kecerdasan ini ada diantara para siswa, untuk itu pendekatan multiple intelligences menawarkan kepada guru untuk mengembangkan strategi yang kreatif dan inovatif. Salah satu sekolah yang menerapkan multiple intelligences adalah SMP School Of Human (SOH) Cibubur. Maka dari itu peneliti mengangkat masalah tersebut untuk menguraikan bagaimana penerapan dan pengembangan konsep multiple intelligences sebagai sebuah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP School of Human (SOH) Cibubur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dan diisajikan dalam bentuk deskriptif. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan konsep multiple intelligences dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP School Of Human (SOH) Cibubur pada kelas VIII dan IX, yaitu pelaksanaan multiple intelligences dalam pembelajaran menuntut guru harus mempunyai daya kreativitas dalam menerapkan konsep multiple intelligences. Di SMP School Of Human (SOH) Cibubur pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dengan pendekatan multiple intelligences sangat bervariasi. Guru menggunakan apersepsi yang bervariasi, strategi dan metode yang beragam, serta didukung dengan penggunaan media yang kreatifen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKonsep Multiple Intelligencesen_US
dc.subjectPembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePenerapan Konsep Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMP School Of Human (SOH) Cibubur)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311347.pdf
  Restricted Access
4.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.