Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/822
Title: Strategi Guru PAI dalam Mencerdaskan Emosional Anak di Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur`an Sighor Putri Tangerang
Authors: Hayatun Nufus, 14311352
Advisor: Ahmad Dimyathi Badruzzaman
Issue Date: 2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Kecerdasan emosional sangat berperan penting dalam kesuksesan seseorang. Agar kecerdasan emosional anak berkembang dengan baik maka diperlukan strategi yang tepat dalam proses pendidikan. Permasalahan yang sering kali dijumpai dalam pengajaran, khususnya pengajaran Agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik agar diperoleh hasil yang efektif dan efisien serta dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak. Selain itu juga sering didapati kurangnya perhatian guru agama terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya peningkatan mutu secara baik. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya strategi guru PAI dalam mencerdaskan emosional anak. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru PAI dalam proses belajar dan cara mengevaluasi strategi guru PAI di Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur`an Sighor Putri Tangerang dalam mencerdaskan emosional anak?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dari hasil penelitian diperolehkesimpulan bahwa Strategi Guru PAI dalam Mencerdaskan Emosional Anak yaitu dengan menerapkan “Metode pembiasaan” yang dimulai dari guru terlebih dahulu, penyampaian langsung ke psikomotorik anak, seperti mempersiapkan rencana pembelajaran (i’dad tadris) sebelum mengajar, menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat sesuai kondisi kelas, pendekatan langsung, tanya jawab, dan pengkondisian anak pada awal pembelajaran.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/822
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311352.pdf
  Restricted Access
2.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.