Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/824
Title: Relevansi Pembelajaran Student Active Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Authors: Hilmawati, 14311354
Advisor: Ahmad Syafi'i Noor
Issue Date: 17-Jul-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam, guru kurang mampu menyampaikan materi dengan strategi, metode dan teknik yang tepat. Pembelajaran lebih berpusat pada guru seperti ceramah, demonstrasi, tanya jawab satu arah (dari guru ke siswa) sehingga proses pembelajaran terkesan kaku, monoton, membosankan dan menjadikan minat belajar peserta didik menurun dan condong lebih pasif. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah relevankah pembelajaran student active learning terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran student active learning merupakan salah satu teknik pembelajaran yang tepat untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 70 Jakarta. Dengan pelaksanaan pembelajaran student active learning ini peserta didik tidak hanya aktif secara emosional tetapi perasaan, intelektual, penginderaan serta fisiknya. Sehingga pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 70 Jakarta menjadi lebih menyenangkan, menantang dan mendorong prakarsa peserta didik. Sehingga pembelajaran student active learning relevan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 70 Jakarta
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/824
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311354.pdf
  Restricted Access
1.82 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.