Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/827
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAkhmad Sodiq-
dc.contributor.authorIlfi Zakiah Darmanita, 14311358-
dc.date.accessioned2020-07-09T06:10:53Z-
dc.date.available2020-07-09T06:10:53Z-
dc.date.issued2018-07-30-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/827-
dc.description.abstractSistem pendidikan Kuttab Ibnu Abbas merupakan sistem pendidikan yang terinspirasi dari pendidikan kuttab pada zaman klasik. Kuttab adalah institusi pendidikan yang memiliki sejarah panjang. Munculnya sistem pendidikan ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat khususnya umat Islam terhadap peningkatan kualitas kehidupan yang sejalan dengan ajaran Islam dan sesuai dengan perkembangan zaman. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana model pendidikan sistem kuttab yang dilaksanakan di Kuttab Ibnu Abbas? (2) Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam dengan sistem kuttab di Kuttab Ibnu Abbas? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dengan sistem kuttab di Kuttab Ibnu Abbas?. Dalam rangka menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pendidikan sistem kuttab yang diterapkan di kuttab Ibnu Abbas adalah model pendidikan yang menitikberatkan pada penguasaan materi Al-Qur`an dan Bahasa Arab sesuai dengan tingkat intelektualitas para peserta didiknya. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum lokal yang meliputi Al-Qur`an, Bahasa Arab, dan Mata Pelajaran Umum (MPU). Pendekatan yang digunakan antara lain pendekatan keteladanan (uswatun hasanah) dan pembiasaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode talaqqi, tasmi’, murojaah, ceramah, tanya jawab, kisah, perumpamaan, dan lain-lain. Evaluasi yang digunakan di Kuttab Ibnu Abbas adalah tes dalam bentuk tulis dan lisan meliputi tes hafalan, tes formatif dan tes sumatif. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan di kuttab ini adalah sarana dan prasarana, jumlah santri setiap halaqah, guru, dan orang tua.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectSistem Kuttaben_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Agama Islam Sistem Kuttab (Studi Kasus di Kuttab Ibnu Abbas BSD, Tangerang Selatan)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311358.pdf
  Restricted Access
4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.