Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/847
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Artani Hasbi | - |
dc.contributor.author | Maratus Sholehah, 14311376 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-17T04:16:12Z | - |
dc.date.available | 2020-07-17T04:16:12Z | - |
dc.date.issued | 2018-08-10 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/847 | - |
dc.description.abstract | Disiplin diperlukan agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri yang ada. Tanpa ada nilai kedisiplinan, sekolah hanya akan menjadi tempat berseminya berbagai macam konflik sehingga kekacauan menjadi buah-buah yang tak terelakan dari tindakan indisipliner tersebut. Untuk itu sebagai guru Pendidikan Agama Islam, memberikan strategi kepada perseta didik dalam penanaman kedisiplinan baik di kelas maupun di luar kelas, dan di manapun berada. Pendidikan yang membangun karakter itu yang sangat diharapkan, sebagai guru harus membangun karakter, dan penanaman sifat. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman karakter kedisiplinan kepada peserta didik. Pentingnya masalah ini diteliti adalah guna untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman karakter kedisiplinan kepada peserta didik. Hubungan timbal balik antara guru dengan peserta didiknya mengarah pada tujuan yang hendak diwujudkan bersama yaitu tujuan proses pembelajaran dengan hasil yang berkulaitas. Berpijak dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian di SMP Al-Fath Cirendeu, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan dengan judul strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman karakter kedisiplinan kepada peserta didik.Untuk mencapai tujuan, penelitain ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dan dilakuakn melalui (1) pengamatan (observasi), (2) wawancara, (interview), dan (3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru sudah menanamkan penanaman kedisiplinan di SMP Al-Fath Cirendeu. Penanaman tersebut meliputi: (1) siswa menaati segala peraturan yang ada, (2) di tanamkan kebiasaan agar siswa datang tepat waktu, (3) disiplin dalam beribadah, Memberikan sanksi bagi siswa yang terlambat masuk kelas yakni diberi sanksi berupa menulis kalimat istighfar, atau membaca surat-surat pendek seperti juz „amma yang sudah mereka hafal. Dalam lingkup sekolah maka akan mendapatkan poin dan di tulis di buku kasus | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi Guru Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Penanaman Karakter Kedisiplinan | en_US |
dc.title | Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Karakter Kedisiplinan Kepada Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Al-Fath Cirendeu, Ciputat Timur, Kota tangerang Selatan) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14311376.pdf Restricted Access | 3.47 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.