Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/852
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorNadiatul ‘ula Rantau, 14311383-
dc.date.accessioned2020-07-17T05:08:50Z-
dc.date.available2020-07-17T05:08:50Z-
dc.date.issued2018-08-06-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/852-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin banyaknya masyarakat yang ingin menghafal Al-Qur’an dan pesantren-pesantren yang menyediakan berbagai macam metode dalam menghafal Al-Qur’an. Mayoritas metode yang digunakan di Pesantren hampir sama namun di Pesantren Sulaimaniyah memiliki perbedaan dengan metode yang lainnya, namun semuanya bertujuan untuk mencetak generasi Qur’ani yang berkualitas. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis mendapatkan rumusan masalah yaitu : “Bagaimana Implementasi Metode Turki Utsmani di Pondok Pesantren Pesantren Sulaimaniyah dan Implikasi Metode Turki Utsmani dalam Menghafal AL-Qur‟an di Pondok Pesantren Sulaimaniyah (UICCI) Jakarta”. Karena, pesantren tersebut menerapkan metode yang unik dan tidak umum digunakan oleh pesantren-pesantren yang ada di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reserch). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi metode dan sumber. Setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa Metode Turki Utsmani memiliki istilah putaran, halaman lama, halaman baru. Ada 20 putaran, apabila sudah selesai putaran 20 maka sudah selesai menghafal. Yang dimaksud halaman baru adalah halaman yang akan di setorkan dan halaman lama berupa halaman yang sudah disetorkan (Muraja’ah) oleh gurunya. Implementasi Metode Turki Utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sulamaniyah (UICCI) Jakarta sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam dua tahapan, yang pertama tahapan persiapan sebulum menghafal dan tahap kedua yaitu mulai menghafal Al-Qur’an. Santri yang menghafal menggunakan metode tersebut dapat mengafal lebih cepat dan hafalannya lebih kuat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPenggunaan Metode Turki Utsmanien_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Penggunaan Metode Turki Utsmani dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sulaimaniyah (UICCI) Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311383.pdf
  Restricted Access
4.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.