Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/853
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Syafi'i Noor-
dc.contributor.authorNadra Ulfah, 14311384-
dc.date.accessioned2020-07-17T05:11:19Z-
dc.date.available2020-07-17T05:11:19Z-
dc.date.issued2018-07-24-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/853-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya mengaplikasikan strategi belajar Syaikh Az-Zarnuji kedalam proses pembelajaran. Akan tetapi, santri di pesantren Turus khususnya program Tahfidz Al-Qur’an tetap menerapkan kedalam pembelajaran, baik pembelajaran sekolah maupun diniyah. Dengan tujuan, mengaplikasikan strategi belajar Syaikh Az-Zarnuji dapat membantu santri dalam memahami materi pelajaran dan memperbaiki akhlak santri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim, 2) Bagaimana Aplikasi Strategi Belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam Pembelajaran Diniyah Program Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Turus Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Data diperoleh dari Pesantren Turus, sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumennya yaitu peneliti sendiri dan pedoman pengumpulan data. Data diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) Strategi belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim merupakan sebuah cara agar seorang pelajar cepat dalam menghafal dan memahami ilmu. Akan tetapi pada intinya strategi Syaikh Az-Zarnuji adalah strategi yang didasarkan pada moral religius agar pelajar bukan hanya faham akan suatu ilmu tetapi juga dapat mengamalkan ilmu yang sudah didapatkan kedalam kehidupan sehari-hari dan mendapat ridho Allah SWT; 2) Aplikasi strategi belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam pembelajaran diniyah program tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Turus dapat dikatakan diaplikasikan dengan baik karena sebagian besar santri mengaplikasikan strategi belajar Syaikh Az-Zarnuji kedalam semua kegiatan pembelajaran, terutama pada saat pembelajaran diniyahen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Belajaren_US
dc.subjectSyaikh Az- Zarnujien_US
dc.titleAplikasi Strategi Belajar Menurut Syaikh Az- Zarnuji dalam Pembelajaran Diniyah program Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Turus Pandeglangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311384.pdf
  Restricted Access
3.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.