Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/858
Title: Sistem Pembelajaran Tahfizh Al-Qur`an di SDIT Az-Zahra Pondok Petir
Authors: Nur Farida, 14311391
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 13-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah didasarkan dengan perkembangan teknologi yang sangat besar dan sudah memasuki dunia anakanak dan mereka lebih menyukai hal-hal yang berhubungan dengan bermain. Berbanding jauh dengan orang tua yang menginginkan anaknya untuk kearah yang lebih baik termasuk dalam hal menghafal al-Qur`an. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana sistem yang baik digunakan dalam pembelajaran tahfidz al-Qur`an yang baik untuk anak usia dini dengan perkembangan tekhnologi yang begitu pesat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SDIT Az-Azahra Pondok Petir, pengumpulan data dengan pengamatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) sistem pembelajaran Tahfidz al- Qur`an cukup baik, dari segi strategi dan evaluasi pembelajaran yang terbukti dengan adanya beberapa prestasi dan kelulusan siswa dengan hafal juz 30 dan adanya raport tahfidz siswa sebagai pernyaratan untuk mengambil ijazah sekolah, 2) Metode yang digunakan oleh SDIT Az-Zahra yaitu metode talaqqi dan metode ini dilaksanakan dengan baik dan sangat membantu bagi siswa/i Az-Zahra Pondok Petir, 3) Keberhasilan siswa terbentuk karena adanya komunikasi yang baik antar wali murid dengan guru yaitu dengan memonitoring siswa baik di rumah maupun dirumah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/858
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311391.pdf
  Restricted Access
4.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.