Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/859
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Shopiyah-
dc.contributor.authorNurlaela, 14311392-
dc.date.accessioned2020-07-17T05:36:34Z-
dc.date.available2020-07-17T05:36:34Z-
dc.date.issued2018-09-28-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/859-
dc.description.abstractAl-Qur`an bukan hanya sumber pengetahuan metafisis dan religius, melainkan sumber segala pengetahuan sebagai pedoman sekaligus kerangka segala kegiatan intelektual Islam. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus senantiasa belajar Al-Qur`an dan mempelajari makna yang terkandung di dalamnya, mengamalkan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang, menggali dan mengembangkan benih-benih Ilmu Pengetahuan yang terkandung di dalam Al-Qur`an untuk kebaikan dan kemaslahatan umat manusia, dengan bijak sesuai tuntunan Al-Qur`an. Pada penelitian ini berfokus pada bagaimana Implementasi Project Based Qur’an di SDIT Az-Zahra Pondok Petir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru/wali kelas dan peserta didik SDIT Az-Zahra Pondok Petir. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, dengan teknik analisis data interaktif, tahap yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Project Based Qur’an di SDIT Az-Zahra Pondok Petir, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran Project Based Qur’an yang mempunyai tujuan yakni siswa dapat menulis, membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sehingga siswa menjadi lebih kreatif, percaya diri, dan juga siswa diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah seperti penerapan 6 S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan dan Santun). Hal tersebut dilakukan dengan cara pengamatan secara menyeluruh di setiap aktivitas yang dilakukan di sekolah. Faktor pendukung dalam pembelajaran Project Based Qur’an di SDIT Az-Zahra Pondok Petir adalah dengan memperhatikan kondisi siswa, kondisi guru, dukungan dari keluarga, dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya adalah persamaan visi antara guru, keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa yang berbeda, saat mengkondisikan kelas, dan perbedaan semangat belajar siswa. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan Memberikan waktu tambahan, memberikan motivasi dengan memberikan nasihat pada siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasi Project Based Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Project Based Qur’an di SDIT Az- Zahraen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311392.pdf
  Restricted Access
5.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.