Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/866
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNadjematul Faizah-
dc.contributor.authorRahmah Saodah, 14311402-
dc.date.accessioned2020-07-17T06:39:38Z-
dc.date.available2020-07-17T06:39:38Z-
dc.date.issued2018-08-17-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/866-
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini adalah adanya dikotomi antara ilmu dan agama dalam pendidikan yang menghambat perkembangan pendidikan Islam. Pemisahan antara ilmu dan agama ini menjadi sebuah masalah yang perlu dicari solusinya. Sehingga ke depannya melahirkan pola pendidikan yang terintegrasi antara ilmu dan agama. Kurikulum 2013 yang berbasis karakter juga menjadi sorotan dalam upaya mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Implementasi integrasi ilmu pengetahuan dan agama tentunya terdapat di sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 salah satunya di MI Soebono Mantofani. Lalu bagaimana setiap sekolah mengembangkan pola integrasi ilmu dan agama ini berdasarkan kurikulum 2013? Untuk itu saya tertarik meneliti tentang Implementasi Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama dalam Perspektif Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Soebono Mantofani. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan Integrasi ilmu pengetahuan dan ilmu agama dalam perspektif kurikulum 2013 pada mata pelajaran tematik kelas I & IV di MI Soebono Mantofani dilakukan dengan melibatkan peran guru yang menjadi teladan bagi peserta didik sehingga peserta didik cerdas secara akademik dan juga secara akidah serta peran guru dalam mencapai tiga ranah yang harus dicapai dalam kurikulum 2013 yaitu ranah sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan ketika pembelajaran tematik di kelas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectIntegrasi Ilmu Pengetahuanen_US
dc.subjectIlmu Agamaen_US
dc.subjectPerspektif Kurikulum 2013en_US
dc.titleImplementasi Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama dalam Perspektif Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Soebono Mantofanien_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311402.pdf
  Restricted Access
3.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.