Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/867
Title: Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik Siswi MA Al- Awwabin Bedahan
Authors: Ratu Aida Maqbullah, 14311403
Advisor: Siti Rahma Aziz
Issue Date: 15-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Prestasi belajar aqidah akhlak dalam pencapaian hasil belajar, kekeliruan dalam berkomunikasi, pola asuh yang keliru dalam keluarga, masih banyak orang tua yang lebih menekankan Intellectual Quotient (IQ) dari pada Emotional Quotient (EQ), kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya karena mayoritas orang tua (ibu dan bapak) sibuk dengan pekerjaannya sehingga berdampak pada buruknya sikap dan perilaku anak. Adakah karena ingin mengukur seberapa besar pengaruh belajar aqidah akhlak dan kecerdasan emosional siswi MA Al-Awwabin Bedahan? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, untuk mengukur seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional di sekolah MA Al-Awwabin Bedahan. Dalam penelitian ini, merupakan penelitian Quantitaive Approach (pendekatan kuantitatif) penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap variabelvariabel tertentu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi yang mana melihat antara dua hubungan variabel atau lebih, pengambilan sampel sebanyak 100% dari populasi 42 siswa dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dengan Kecerdsan Emosional hal ini dapat dilihat angka korelasi “X dan Y” product momen sebesar 0,998. Dengan memperlihatkan hasil perhitungan rxy (0,998) yang berkisar antara 0,90-1,00 dapat diinterprestasikan secara sederhana bahwa antara variabel X dan variabel Y memang terdapat korelasi yang sangat kuat dan sangat tinggi. Kemudian dibandingkan antara r hitung dengan r tabel bahwa rxy atau r hitung (yang besarnya = 0,998) adalah jauh lebih besar dari pada r tabel yang besarnya (0,288 dan 0,372). Karena r hitung lebih besar dari pada r tabel, maka hipotesis nol ditolak.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/867
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311403.pdf
  Restricted Access
5.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.