Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/876
Title: Penerapan Metode Takriri dalam Menghafal Al- Qur’an di Pondok Pesantren Sunanul Husna Ciputat Tangerang Selatan
Authors: Siti Kultsum Az-Zahra, 14311421
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 15-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Menghafal al-Qur‟an bukanlah tugas dan perkara yang mudah, artinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Salah satu upaya terpenting diperhatikan dalam pembinaan tahfizh al-Qur‟an adalah metode. Sebab metode mempunyai peranan penting dan sangat dibutuhkan. Dengan adanya metode akan bisa membantu seseorang untuk menentukan keberhasilan belajar menghafal al-Qur‟an dan meningkatkan hafalannya secara terprogram. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode takriri dalam menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Sunanul Husna Ciputat? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian deskriptif analisis dan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses penerapan metode takrir dalam menghafal Al- Qur'an di Pondok Pesantren Sunanul Husna sudah berjalan dengan baik dengan ditunjang oleh beberapa program, di antaranya: madrasah kelompok, sima’an per 5 (lima) juz, dan musabaqah hifzh Al-Qur‟an. Adapun kendala yang dijumpai pada saat proses pelaksanaan program tahfizh adalah kurang bisa managemen waktu, kurang menyadari manfaat metode tersebut, serta kurangnya istiqomah dalam metode tersebut. Solusi dalam mengatasi kendala penerapan metode takrir yaitu: Management waktu, mengabsensi dan mengevaluasi hafalan santri.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/876
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311421.pdf
  Restricted Access
2.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.