Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/884
Title: Penerapan Nilai-Nilai Religius dalam Pembelajaran Kaligrafi Al-Qur’an Studi Kasus di Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA) Jakarta
Authors: Susi Suyanti, 14311430
Advisor: Ali Mursyid
Issue Date: 1-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Etika-etika dalam pembelajaran kaligrafi merupakan hal yang harus diperhatikan dan diterapkan oleh peserta kursus dalam setiap pembelajaran, dengan tujuan agar pembelajaran kaligrafi dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan tujuan pembelajaran, etika dalam pembelajaran kaligrafi juga dpat mempengaruhi keberhasilan peserta kursus. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apa dan bagaimana program kegiatan di LEMKA Jakarta?, apa dan bagaimana etika dalam pembelajaran kaligrafi di LEMKA Jakarta?, dan bagaimana penerapan nilai-nilai religius dalam pembelajaran kaligrafi Al-Qur’an dan sejauh mana dampak yang dirasakan oleh setiap peserta kursus?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix methods) yang bersifat deskriptif kualitatif dan analisis data korelasi product moment. Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa program kegiatan pembelajaran kaligrafi di LEMKA Jakarta sudah berjalan dengan baik. Ada beberapa etika dalam pembelajaran kaligrafi yang harus diterapkan oleh setiap peserta kursus. Untuk menerapkan nilai-nilai religius dalam pembelajaran kaligrafi guru harus memberikan keteladanan yang baik terhadap peserta kursus dan peserta kursus harus menerapkan etikaetika dalam pembelajaran kaligrafi agar nilai-nilai religius itu dapat tertanam dalam diri masing-masing.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/884
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311430.pdf
  Restricted Access
4.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.