Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/888
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYayah Nurmaliah-
dc.contributor.authorTati Siti Fajriyah, 14311435-
dc.date.accessioned2020-07-20T05:20:16Z-
dc.date.available2020-07-20T05:20:16Z-
dc.date.issued2018-08-03-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/888-
dc.description.abstractSkripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi masa depan siswa. Secara teoritis, materi tentang kaidah membaca dan menulis Al-Qur’an sudah diberikan kepada siswa, tapi pada praktiknya masih ada siswa yang terbata-bata dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDI Al-Syukro. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana efektifitas pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDI Al-Syukro?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), dan siswa kelas V A SDI Al-Syukro, sedangkan data sekunder berasal dari buku dan literature lainnya sebagai pelengkap data primer. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran baca tulis Al- Qur’an di SD Islam Al-Syukro dinilai efektif karena keberhasilannya dalam mencapai target yang telah ditentukan. Target siswa kelas V dalam bidang baca tulis Al-Qur’an adalah dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar dan tartil serta menuliskan teks Arab dengan rapi dan terbaca. Prestasi siswa dalam membaca Al-Qur’an terlihat cukup baik dan tulisan teks Arab siswa yang tertera dalam buku latihan terlihat rapi dan terbaca. Efektifitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dipengaruhi oleh bagaimana para guru menerapkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kepada siswa. Penggunaan media pengajaran dan kemampuan guru dalam penguasaan kelas juga mempengaruhi efektifitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Islam Al- Syukro. Selanjutnya, semoga penelitian ini dapat menjadi khazanah, masukan dan bahan informasi bagi berbagai pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPembelajaran Baca Tulis Al-Qur’anen_US
dc.titleEfektifitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus di SD Islam Al-Syukroen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311435.pdf
  Restricted Access
1.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.