Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/895
Title: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI MA Pembangunan UIN Jakarta
Authors: Hasibatul Adzimah, 14311448
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 3-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Berbagai model pembelajaran telah banyak digunakan namun penggunaan model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan realitas yang terjadi di lingkungan sekitar dan mampu mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat berpikir kritis dalam menghadapi masalah-masalah yang ada sekarang masih sedikit untuk digunakan. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan dikembangkannya ketrampilan berpikir siswa dalam memecahkan masalah adalah model Pembelejaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendididkan Agama Islam dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). “Bagaimana penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI)?”. Metode penelitian Deskriptif-Kualitatif. Mewawancarai Kepala Sekolah, 2 guru PAI, Waka Kurikulum, dan 2 Siswa. Adapun Penerapan model PBM dalam pembelajaran PAI memberikan positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, yaitu peserta didik mampu merumuskan masalah pembelajaran peserta didik mampu menganalisis pembelajaran, peserta didik mampu menarik kesimpulan pembelajaran. Dan akan menjadi bekal bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/895
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311448.pdf
  Restricted Access
2.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.