Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/899
Title: Implementasi Metode Qiraati dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an dan Spiritualitas Anak Usia Dini di TK Babussalam Ciputat
Authors: Nurhasana, 14311453
Advisor: Yayah Nurmaliah
Issue Date: 10-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini pengajaran Al-Qur’an hendaknya dimulai sejak dini, karena pada masa ini merupakan awal perkembangan manusia. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam membantu anak-anak usia dini agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar adalah dengan memperhatikan metode yang digunakan. Dalam perjalanannya ternyata pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menghadapi problem yang tidak sedikit dan sederhana seperti input siswa beragam, jumlah jam pelajaran yang terbatas, guru, sarana dan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terbatas. Pembelajaran baca dan tulis Al-Qur’an dapat mengambil nilai lebih guna dalam meningkatkan kemampuan Spiritualitas pada anak dari metode pembelajaran membaca Al-Qur’an ini. Pada penelitian ini berfokus pada bagaimana Implementasi Metode Qiraati dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an dan Spiritualitas Anak Usia di TK Babussalam Ciputat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di TK Babussalam Ciputat, pada bulan Juli 2018. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru/wali kelas dan peserta didik TK Babussalam Ciputat. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Qiraati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di TK Babussalam Ciputat, sudah berjalan dengan baik hal ini dilihat dari proses pembelajaran yang sudah sesuai dengan kurikulum Qiraati, dan dalam penerapannya terdapat strategi yang digunakan diantaranya adalah strategi individual, strategi klasikal dan strategi klasikal baca simak. Peningkatan spiritualitas anak usia dini di TK Babussalam Ciputat dinilai sudah relevan dengan teori spiritualitas untuk anak usia dini, dilihat dari adanya pembiasaan yang di ajarkan oleh sekolah seperti: shalat berjamaah, wudhu, hafalan surat-surat pendek, berdoa sebelum dan sesudah melakukan perbuatan adab dalam kehidupan sehari-hari. dan siswa diharapkan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun dirumah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/899
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311453.pdf
  Restricted Access
3.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.