Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/908
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAlfun Khusnia-
dc.contributor.authorIftitahur Rohmaniyah, 15311476-
dc.date.accessioned2020-07-21T05:34:33Z-
dc.date.available2020-07-21T05:34:33Z-
dc.date.issued2019-07-15-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/908-
dc.description.abstractKondisi intelegensi yang dimiliki anak tunagrahita menyebabkan beberapa hambatan dan permasalahan. Oleh karena itu, banyak psikolog yang membuat dan mengembangkan metode untuk meningkatkan konsentrasi. Melihat banyaknya manfaat dalam sujud, guru PAI di SLBN 01 Jakarta mencoba untuk mengembangkan terapi sujud yang dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung untuk memperoleh kesiapan belajar siswa tunagrahita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi terapi sujud terhadap kesiapan belajar anak tunagrahita pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa tunagrahita dan orangtua siswa tunagrahita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terapi sujud yang dilakukan dengan teratur, khusyu`, dalam durasi waktu 5 menit dan tanpa paksaan akan menghasilkan kesiapan belajar yang baik pada siswa, siswa dapat menyerap nilai-nilai yang terkandung dalam sujud sehingga mereka lebih tenang dan konsentrasi dalam proses pembelajaran; (2) Kondisi ruangan kelas yang berbeda dibandingkan dengan ruangan kelas dalam mata pelajaran lain, memudahkan guru PAI dalam melaksanakan terapi sujud. Penataan ruang kelas yang kondusif ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang efektif; (3) Langkah-langkah terapi sujud yang dilaksanakan sebelum proses pembelajaran oleh siswa tunagrahita adalah tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa internalisasi terapi sujud yang dilakukan oleh guru PAI sebelum pembelajaran PAI menghasilkan dampak yang positif dan efektif terhadap kesiapan belajar siswa tunagrahita.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectTerapi Sujuden_US
dc.subjectKesiapan Belajaren_US
dc.subjectAnak Tunagrahitaen_US
dc.titleInternalisasi Terapi Sujud terhadap Kesiapan Belajar Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus SLBN 01 Jakarta)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311476.pdf
  Restricted Access
3.63 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.