Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/910
Title: Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Penguasaan Materi PAI Siswa di SMP Darussalam Ciputat
Authors: Isma Maulida Asmiyanti, 15311478
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 9-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Iklim kelas merupakan segala situasi yang muncul akibat hubungan antara pendidik dan peserta didik atau hubungan antar peserta didik yang menjadi ciri khusus dari kelas yang mempengaruhi proses belajar mengajar. Iklim kelas yang kondusif akan membuat proses belajar mengajar mecapai tujuan pembelajaran dengan baik, sehingga siswa dapat menguasai materi yang diberikan dengan baik pula. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh iklim kelas terhadap penguasaan materi PAI siswa di SMP Darussalam Ciputat. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan penentuan sampel sebanyak 72 orang dari total populasi 240 siswa kelas IX di SMP Darussalam Ciputat. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan rxy = 0,418, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kelas terhadap penguasaan materi PAI siswa di SMP Darussalam Ciputat. Kemudian hasil analisis data penelitian ini juga dapat dibuktikan berdasarkan perhitungan rxy = 0,418 yang terletak diantara 0,40-0,70 yang berarti antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh posistif yang signifikan antara iklim kelas terhadap penguasaan materi PAI siswa di SMP Darussalam Ciputat.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/910
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311478.pdf
  Restricted Access
3.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.