Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/917
Title: Implementasi Kurikulum Pembelajaran Islamic Studies dalam Membentuk Sikap Spiritual Siswa (Studi Analisis di SMP International Islamic Secondary Schooll Republic of Indonesia (IISS RI))
Authors: Nur Mawaddah Islamiyah, 15311485
Advisor: Reksiana
Issue Date: 16-Jul-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi kurikulum pembelajaran Islamic Studies dalam membentuk sikap spiritual siswa di SMP International Islamic Secondary School Republic of Indonesia (IISS RI). Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah ditemukan bahwa implementasi kurikulum pembelajaran Islamic Studies di SMP International Islamic Secondary School Republic of Indonesia (IISS RI) dilaksanakan dengan 2 cara yaitu melalui program akademik yang menekankan para aspek kognitif dan non akademik yang menekankan pada aspek psikomorik, dengan penerapan kurikulum Islamic Studies membentuk sikap spiritual siswa seperti taat kepada Allah SWT, ikhlas, percaya diri, tanggung jawab, cinta ilmu, jujur, disiplin, serta menghormati dan menghargai orang lain serta percaya diri. Selain dari pada itu, ditemukan pula bahwa kurikulum Islamic Studies juga memiliki target khusus yang harus dipenuhi sebagai syarat kelulusan siswa yaitu dapat menghafal Al-Qur‟an juz 29 dan 30, menghafal hadis, menghafal zikir dan do‟a, dan mampu memberikan tausiah agama.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/917
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311485.pdf
  Restricted Access
2.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.