Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/922
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorReksiana-
dc.contributor.authorTina Hidayatullastri, 15311494-
dc.date.accessioned2020-07-23T04:39:33Z-
dc.date.available2020-07-23T04:39:33Z-
dc.date.issued2019-08-12-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/922-
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dengan pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Latar belakang mengambil permasalahan ini adalah pendekatan yang digunakan ketika pembelajaran berlangsung di kelas. Pendekatan memiliki nilai yang penting karena itu adalah salah satu jalan yang ditempuh guru dalam menyampaikan materi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini diketahui secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi dalam pembentukan kompetensi spiritual dan kompetensi sosial pada siswa. Dengan melakukan proses mengamati, menanya, menggali informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi, siswa ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang mana akan membentuk kompetensi spiritualnya terlebih ketika dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. Selain itu, pembentukan kompetensi spiritual dan sosial siswa di lingkungan madrasah juga dibangun dengan habitual kurikulum atau kurikulum pembiasaan. Dalam kurikulum ini kegiatannya berupa membaca dan menghafal Al-Qur'an, menghafal doa-doa, sholat dhuha serta partisipasi aktif dalam kegiatan dan hari-hari besar Islam. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pembinaan serta peningkatan kualitas dalam aspek spiritual serta sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakartaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendekatan Saintifiken_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.subjectKompetensi Spiritual (KI 1)en_US
dc.subjectKompetensi Sosial (KI 2)en_US
dc.titleImplementasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 dalam Membentuk Kompetensi Spiritual (KI 1) dan Kompetensi Sosial (KI 2) Siswa (Studi Analisis Di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311494.pdf
  Restricted Access
4.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.