Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/925
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorAlfi Fathiah, 15311499-
dc.date.accessioned2020-07-24T05:00:52Z-
dc.date.available2020-07-24T05:00:52Z-
dc.date.issued2019-08-14-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/925-
dc.description.abstractPada dasarnya kesulitan belajar tidak hanya dialami oleh siswa berkemampuan rendah saja, tetapi juga dialami oleh siswa berkemampuan tinggi. Selain itu, kesulitan belajar juga dapat dialami oleh siswa yang berkemampuan rata-rata (normal) disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang menghambat tercapainya kinerja akademik sesuai dengan harapan. Adapun tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode VAKT untuk meningkatkan pemahaman anak disleksia pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa disleksia dan wali kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam hal mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa, seorang guru harus bisa memberikan suatu metode pembelajaran kepada siswa yang menarik dan mudah dipahami siswa. Dengan menggunakan metode multisensori atau VAKT pada pembelajaran PAI, siswa yang mengalami kesulitan bisa tertangani dengan tepat. (2) Pola pengaturan kelasnya berbeda dengan sekolah lain. SD Pantara menggunakan penanganan kelas kecil, Kelas tersebut tidak dikelompokkan per gangguan belajarnya (disleksia, diskalkulia, disgrafia dan autis). Tetapi dikelompokkan menurut levelnya yaitu kelas 1-6 SD. (3) Penerapan metode VAKT yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama islam bahwa adanya peningkatan pemahaman anak disleksia di SD Pantara dibuktikan dengan adanya pembiasaan sikap keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman Pendidikan Agama Islam dilihat dari praktik berwudhu, azan, iqomah, sholat dan berpuasa saat Bulan Ramadhan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode VAKT yang dilakukan oleh guru PAI pada pembelajaran PAI menghasilkan dampak yang positif dan efektif terhadap pemahaman belajar siswa disleksia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic and Tactile)en_US
dc.subjectAnak Disleksiaen_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.titlePenerapan Metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic and Tactile) untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Disleksia pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus di SD Pantara Jakarta Selatan)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311499.pdf
  Restricted Access
3.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.