Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/927
Title: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Kelas XI SMK Putra Pertiwi Pondok Cabe)
Authors: Arsy Husna, 15311502
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 13-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Banyaknya alasan yang diutarakan siswa SMK untuk tidak hadir ketika pelajaran Agama Islam berlangsung sehingga peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana cara guru dalam menyampaikan pembelajaran Agama Islam yang menarik sehingga membangkitkan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran Agama Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif analisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas xi SMK. Hasil penelitian ini menunjukkan guru Pendidikan Agama Islam ini telah memenuhi syarat menjadi guru yang profesional yaitu telah memenuhi syarat Standar Kualifikasi, Kompetensi dan Standar Belajar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan penguasaan Mata Pelajaran yang ampu, kemudian dari sekolah sendiri mengadakan perbaikan secara terus menerus dalam meningkatkan Kompetensi Guru. Dan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, siswa merasakan dalam cara mengajar guru Pemdidikan Agama Islam cukup menyenangkan dan dapat dipahami oleh siswa. Faktor pendukung guru PAI sendiri, dari latar belakang pendidikannya mulai dari jenjang Sekolah SD, SMP, SMA dan S1 di daerah Pandeglang Banten dan telah memenuhi Standar Kualifikasi Guru kemudian dalam faktor penghambatnya adalah ada sebagian siswa yang belum pandai membaca ayat-ayat Al-Qur`an dan tulisan Arab lainnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/927
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311502.pdf
  Restricted Access
3.82 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.