Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/933
Title: Efektifitas Metode Ummi Terhadap Kelancaran Menghafal Frogram 4|uz Al-Qur'an di SDIT Abata Jakarta Barat
Authors: Ines Rezeki, 1531510
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 17-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Menghafal Al-Qur‟an bukanlah tugas dan perkara yang mudah, artinya tidak semudah membalikan telapak tangan. Upaya terpenting dalam menghafal Al- Qur‟an adalah metode. Sebab metode memiliki peranan penting dan sangat dibutuhkan, dengan adanya metode akan bisa memudahkan seseorang dalam menghafal Al-Qur‟an dan meningkatkan hafalannya secara terprogram. Salah satu metode tersebut adalah metode Ummi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektifitas Metode Ummi Terhadap Kelancaran Menghafal Al- Qur‟an. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research). Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan ketika sekolah SDIT abata memakai metode ummi dalam menghafal Al-Qur‟an siswa dapat dengan mudah menghafal dengan metode tersebut. Hal ini dikarenakan metode ummi ketika digunakan siswa menghafal Al-Qur‟an apalagi metode ummi ini sangat cocok untuk anak-anak di sekolah tersebut mentargetkan siswa/siswi menyelesaikan hafalan selama 6 tahun sebanyak 4 juz. Dan sudah menyelesaikan hafalan sekolah SDIT Abata mengadakan imtihan di mana siswa diuji lansung oleh Ummi Foundation surabaya. Hal ini menunjukan bahwa efektifitas menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode Ummi siswa menjadi lancar menghafal Al-Qur‟an.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/933
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311510.pdf
  Restricted Access
3.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.