Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/938
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorReksiana-
dc.contributor.authorPratami Nikmatush Shidqi, 15311519-
dc.date.accessioned2020-07-27T04:03:07Z-
dc.date.available2020-07-27T04:03:07Z-
dc.date.issued2019-08-09-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/938-
dc.description.abstractLatar belakang masalah ini adalah bahwa strategi pembelajaran sangat diperlukan, sebagai daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu caranya yaitu menggunakan strategi reading aloud. Strategi reading aloud ini termasuk strategi active learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mengetahui faktor pendukung penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di SD Putra Pertiwi Pondok Cabe. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah SD Putra Pertiwi, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan dua orang siswa SD Putra Pertiwi Pondok Cabe. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, bukubuku, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumendokumen catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sudah efektif dapat dilihat dari data-data yang peneliti lakukan baik dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa dapat dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau feedback kepada siswa, siswa mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan. Guru sudah menggunakan media untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak ada lagi siswa yang tidak paham dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectReading Alouden_US
dc.subjectPemahaman Siswaen_US
dc.titleImplementasi Strategi Reading Aloud Dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III Sekolah Dasar Putra Pertiwi Pondok Cabeen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311519.pdf
  Restricted Access
3.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.