Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/940
Title: Program Outing Class Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Kelas I Di SD Islam Al-Hidayah, Pamulang
Authors: Rini Anggraeni, 15311523
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 13-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Dalam dunia pendidikan teori merupakan satu hal yang penting dalam pembelajaran, akan tetapi banyak pula anak-anak yang hanya pandai dalam teori namun sulit menerapkan apa yang dipelajari tersebut. Dalam konteks pemikiran tersebut Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah membentuk pembelajaran dua arah yaitu teori dan praktek dengan membentuk program outing class learning agar dapat membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga siswa tidak hanya mampu menguasai materi akan tetapi siswa juga dapat memiliki kemampuan yang terampil. Dengan demikian tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui penerapan outing class learning dalam peningkatan kreativitas belajar siswa di SD Islam al-hidayah, pamulang. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini secara spesifik lebih diarahkan pada desain penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Dalam rangka memperoleh pengumpulan data penelitian, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) sumber data primer yaitu wawancara yang dilakukan oleh penulis kepada kepala sekolah, koordinator KBM, walikelas I dan siswa-siswi kelas I SD Islam Al-Hidayah. (2) sumber data sekunder seperti dokumen-dokumen serta data-data yang diperoleh melalui observasi penulis, baik berupa foto-foto dan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) program outing class learning dapat menanamkan nila-nilai kemandirian kepada siswa-siswi kelas I SD Islam Al- Hidayah (2) Siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi (3) Bebas dalam mengambil keputusan (4) Senang mencari pengalaman baru (5) Memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah (6) Menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif serta dapat membentuk siswa yang kreatif, beraklak mulia, taat pada agama, berprestasi dan berwawasan global.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/940
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311523.pdf
  Restricted Access
5.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.