Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/947
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanah-
dc.contributor.authorHalimahtusa’diah, 15311540-
dc.date.accessioned2020-07-27T05:10:15Z-
dc.date.available2020-07-27T05:10:15Z-
dc.date.issued2019-09-12-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/947-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Pada proses pembelajaran salah satu hal yang menyebabkan pembelajaran efektif adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat. Namun dalam proses nya masih ada siswa yang belum dikembangkan kemampuan mengetahui dan memahami informasi yang diberikan guru. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti penerapan model pembelajaran CTL dalam meningkatan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menerapkan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi PAI kepala sekolah, bidang kurikulum, dan perwakilan dari peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL di kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan memiliki peran yang cukup penting dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai kognitif siswa di mata pelajaran PAI, siswa dapat mencapai nilai di atas KKM. Selain itu, RPP yang dijadikan acuan guru dalam mengajar sudah sesuai dengan teori model pembelajaran CTL yang digunakan di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Penerapan model pembelajaran CTL juga memiliki peran untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Dimana semangat belajar siswa adalah salah satu hal yang menyebabkan tujuan pembelajaran tercapai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectContextual Teaching and Learningen_US
dc.subjectMata Pelajaran PAIen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311540.pdf
  Restricted Access
3.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.