Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/957
Title: Proses pembelajaran KaligrafiAl-e,ur'an di sMp rr Al-Qur'aniwoh Tangerang selatan
Authors: Siti Dianatul Kholisoh, 15311557
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Pembelajaran Kaligrafi pada peserta didik melalui metode yang mudah dan memberikan rasa senang seperti metode membaca Ayat Al-Qur‟an yang hendak ditulis terlebih dahulu, menjiplak kaligrafi yang sudah baik lalu di praktekkan menggunakan alat kaligrafi yaitu spidol atau khandam kaligrafi dengan diulang-ulang dan menggunakan cat dan kanvas. Sehingga peserta didik dapat mengetahui pengaruh keindahan yang terdapat pada kaligrafi, menuliskan sesuatu yang baik dan mendapatkan pahala juga bisa menjadi kaligrafer Al-Qur‟an yang beriman dan bermanfaat bagi hidup nya. Apalagi kaligrafi ini sangatlah penting di zaman modern seperti saat ini yang menuntut manusia menjadi manusia serba bisa dalam hal apapun. Jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di SMP IT Al-Qur‟aniyyah berada di Jl. Panti Asuhan Ceger, Rt 03/12 No . 06, Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Subyek penelitian Ustadz Kaligrafi beserta peserta didik SMP IT Al-Qur‟aniyyah, Tangerang Selatan. Dengan menggunakan teknik Field Research. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran kaligrafi ini ialah dalam meningkatkan kecintaan Al-Qur‟an dengan kegiatan-kegiatan kaligrafi di sekolah atau pun di pesantren, salah satunya ada di KBM Kaligrafi di sekolah dan kegiatan Pengembangan bakat Kaligrafi di pesantren. Dalam proses peningkatan kecintaan terhadap Al-Qur‟an pada peserta didik, guru kaligrafi berupaya mengajarkan Kaligrafi kepada peserta didik dengan metode yang mudah dan disenangi oleh peserta didik, sehingga proses pembelajaran kaligrafi disekolah atau dipesantren berjalan dengan lancar dan peserta didik selalu senang mempelajarinya. Kemudian dari hal tersebut timbullah rasa cinta terhadap Al-Qur‟an yang ada didalam hati para peserta didik, karena dengan memberikan rasa senang mempelajari kaligrafi dengan secara tidak langsung juga mengajarkan untuk memberikan rasa senang terhadap Al-Qur‟an.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/957
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311557.pdf
  Restricted Access
4.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.