Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/961
Title: Pengaruh Kegiatan Qurani Time Terhadap Pemahaman Tajwid Siswa Kelas 10 di SMK Al-Hasra Depok
Authors: Tsamrotul Faidah, 15311564
Advisor: Siti Istiqomah
Issue Date: Sep-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Program Qurani Time merupakan sebuah program yang membantu siswa dalam memahami tajwid secara teori maupun praktek. Sangatlah jarang sekolah yang memiliki sebuah program yang semacam ini, apalagi sekolah ini adalah sekolah umum. Pengalaman penulis mengajar diberbagai sekolah, hanya sekolah tersebut yang ingin mengurangi banyaknya siswa di area JABODETABEK yang kurang pemahamannya terhadap Al-Qur‟an. Penilitian ini untuk menjelaskan bagaimana program Qurani Time dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa. Program Qurani Time adalaha suatu kegiatan belajar mengajar Al-Qur‟an. Kegiatan ini mencakup Tahsin Al-Qur‟an, Tahfidz Al-Qur‟an dan Tajwid Al-Qur‟an. Tajwid Al-Qura‟an memliki peran penting ketika seseorang membaca Al-Qur‟an. Tajwid Al-Qur‟an merupakan hukum wajib untuk dilaksanakan dalam membaca Al-Qur‟an. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data sesuai survei lapangan dan tes hasil evaluasi kepada 45 siswa kelas X di SMK Al-Hasra. Survei lapangan untuk menggambarkan seluruh kegiatan dalam program tersebut, sedangkan tes untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi dari program tersebut dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa. viii Setelah dilakukan penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa program Qurani Time mampu meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas X SMK AL-Hasra dibuktikan dengan baiknya pemahaman ilmu tajwid yang lebih dari 50% siswa kelas X SMK Al-Hasra
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/961
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311564.pdf
  Restricted Access
2.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.