Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/963
Title: “Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur`an Laboratorium Audio Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur`an” (Studi Analisis di SMP Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar)
Authors: Uswatun Hasanah, 15311567
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 9-Sep-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Implementasi Pembelajaran tahsin Al-Qur`an laboratorium audio merupakan sebuah pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa media pembelajaran audio yang dilakukan di dalam laboratorium audio dengan media audio berupa headset. Adanya laboratorium audio menjadikan pembelajaran bervariatif, karena dengan media peserta didik dapat melakukan pembelajaran yang tidak berfokus hanya pada guru. Hal ini dapat membantu guru dalam menunjang hasil kualiatas hafalan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar yang terletak di Jl. Legoso Raya No. 30, Pisangan, Ciputat Timur, Tanggerang Selatan. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Tahsin dan Tahfidz, dan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh Miles dan Hiberman. Hasil penelitian dari implementasi pembelajaran tahsin Al-Qur`an dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur`an terbilang baik karena dengan metode pengulangan bacaan dari audio menjadikan peserta didik terbiasa dan secara natural mengikuti bacaan tilawah yang sudah didengar, ditambah pelaksanaan dilakukan di dalam laboratorium audio, peserta didik dapat lebih fokus dengan murattal yang sedang didengarkan sehingga tidak terganggu dengan sekitarnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/963
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311567.pdf
  Restricted Access
4.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.